Tanah Longsor Timbun Jalan, Jalur Lintas Manna-Pagar Alam Putus Total

Bengkulu Selatan – Akibat material tanah longsor menimbun jalan, jalur lintas Manna-Pagar Alam, putus total.

Kapolres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu AKBP Florentus Situngkir melalui Kapolsek Pino Iptu Andi mengatakan, hujan deras yang melanda wilayah tersebut sejak Selasa (7/5/2024) sore hingga malam, menyebabkan material tanah longsir menimbun jalan lintas tersebut, tepatnya di Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Hingga saat ini (malam), kendaraan dari dua arah belum bisa melintas,” terangnya.

Kapolsek Pino  menyebutkan, tumpukan material longsor berupa tanah dan batu berukuran besar tersebut menimbun badan jalan sepanjang 20 meter, lebar 6 meter dan tinggi 6 meter.

Lebih lanjut Andi, saat ini pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pihak kecamatan, Pemdes masih di lokasi untuk melakukan upaya evakuasi.

Yang jelas, karena di dalam material longsor tersebut ada sebuah batu yang berukuran cukup besar. Maka, diperkirakan proses evakuasi akan memakan waktu yang cukup lama.

Belum lagi, hingga saat ini cuaca di lokasi longsor masih terus diguyur hujan yang cukup lebat. Sehingga, ini tentu akan menambah kesulitan proses evakuasi.

“Saat ini kami masih menunggu alat berat untuk melakukan evakuasi material tanah longsor tersebut,” tegas Andi.

Kapolsek Pino Iptu Andi mengimbau agar masyarakat terutama pengendara di jalur lintas wilayah Kecamatan Ulu Manna untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

Mengingat, dengan curah hujan yang deras ini, bukan tidak mungkin masih akan terjadi longsor susulan dilokasi sepanjang Jalur Manna-Pagar Alam terkhusus wilayah Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

Komentar