oleh

Tarik Minat Wisatawan, Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan “Home Stay”

BENTENG,bengkuluone.co.id – Menekan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sekaligus memancing minat wisatawan, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini gencar melakukan inovasi wisata sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata yang ada di Kabupaten itu.

Salah upaya yang Pemkab lakukan saat ini berupa penekanan Home Stay bagi masyarakat yang berada di sekitaran obyek wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Benteng Gunawan Wibisana menjelaskan, penekanan Home Stay sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mempromosikan budaya dan kearifan lokal di wilayah benteng.

“Home stay merupakan tempat menginapnya para wisatawan yang disediakan masyarakat di rumahnya masing masing,” terang Gunawan,  Selasa (06/10/2020).

“Untuk mempersiapkan hal itu, hari ini kita menggelar Pelatihan Home Stay yang dikuti masyarakat desa Rindu Hati dan Desa Panca Mukti,” ujarnya.

Terpilihnya desa manca mukti dan desa rindu hati, kata Gunawan tentunya tak terlepas dari kesiapan masyarakatnya yang mengaku bersedia menyediakan Home Stay bagi para pelancong.

Terpisah, Kepala Desa Rindu Hati, Sutan Muklis mengaku sejauh ini semua warga di desanya mengaku siap dengan apa yang diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Yang mana sambung Muklis hal tersebut tentunya sudah menjadi rutinitas saat diakhir pekan dan pergantian tahun maupun menjelang hari raya.

“Ini merupakan peluang kita untuk memperkenalkan kearifan lokal dan budaya kita. Karena apa? Dengan adanya penginapan   yang disediakan masyarakat (Home Stay), wisatawan yang datang dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Dan ini tentunya dapat menambah pendapatan masyarakat sekaligus meningkatkan PAD    kita,” ujar Muklis.

“Tidak hanya kesedian saja, Home stay yang masyarakat siapkan juga harus dilengkapi berbagai pasilitas pendukung layaknya penginapan dengan harga yang tentunya relatif lebih murah ketimbang menginap di Hotel,” tandasnya. (Ben) 

Komentar

Berita Terbaru