Tingkatkan Literasi Digital, Warta Ekonomi Gelar Seminar “Desaku Cakap Keuangan” di Bengkulu

Bengkulu – Warta Ekonomi Group mengadakan kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar seminar bertema “Desaku Cakap Keuangan” di Bengkulu. Kegiatan tersebut sebagai langkah meningkatkan pemahaman keuangan masyarakat. Kemudian, ini akan berlangsung selama 2 hari kedepan, dimulai dari tanggal 24 hingga 25 Februari 2024 di Gedung Bapelkes Bengkulu, acara ini juga dimeriahkan dengan melibatkan berbagai bazaar Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM.

Muhammad Ihsan, CEO Warta Ekonomi Group, dalam sambutannya menyampaikan Literasi keuangan merupakan keterampilan yang diperlukan oleh masyarakat, termasuk UMKM untuk menumbuhkan kesejahteraan dan inklusi keuangan serta perhitungan konsumen, tetapi masalah yang terjadi adalah banyak yang belum memahami tentang industri keuangan.

“Literasi keuangan merupakan keterampilan yang sangat diperlukan oleh masyarakat, termasuk usaha mikro kecil menengah, karena literasi keuangan dapat menumbuhkan kesejahteraan dan inklusi keuangan serta perhitungan konsumen. Masalahnya, saat ini masih banyak diantara kita yang belum paham tentang industri keuangan,” ungkap Muhammad Ihsan dalam sambutannya.

Selain dihadiri langsung CEO Warta Ekonomi Group, Acara ini juga dihadiri oleh berbagai kalangan dari masyarakat, mahasiswa, dan para pengusaha yang antusias mengikuti sesi diskusi, Seminar ini juga menghadirkan Empat pembicara yakni, Usman Kansong dari Kominfo, Flora Apriani dari Kantor OJK Bengkulu, Emilda Sulasmi dari Dinas Pariwisata Bengkulh, Serta Melvin Mumpuni yang merupakan founder Finansialku Jakarta .

Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Kominfo, juga memberikan dukungannya. Beliau menekankan pentingnya literasi keuangan juga harus di era digital saat ini, dalam mencapai inklusi keuangan tentu perlu sarana dan prasarana maupun infrastruktur yang menjadi tugas kementerian Kominfo untuk menyiapkan infrastruktur digital.

“Untuk mencapai inklusi keuangan, kemudian literasi digital tentu perlu sarana dan prasarana ataupun infrastruktur, dan itu menjadi tugas kementerian Kominfo sebetulnya untuk menyiapkan infrastruktur digital,” ujar Usman Kansong.

Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan dorongan bagi perkembangan UMKM lokal dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendukung produk lokal. Para pemateri juga berharap, melalui seminar ini, masyarakat dapat lebih bijaksana dalam mengelola keuangan, sehingga tercipta masyarakat yang lebih sejahtera dan ekonomi yang lebih maju.

Komentar