Tomas Aditia Petugas Haji Dari Kemenkumham RI Yang Sigap Layani Jamaah Haji Lansia, Ternyata Ajudan DirjenHAM

Jeddah, Arab Saudi- Tomas Aditia Tama yang merupakan Pegawai Kemenkumham Republik Indonesia saat ini menjalani ibadah tugas mulia. Mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan IPDN dan Magister Hukum Universitas Bung Karno ini terpilih menjadi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 2024.

Ia merupakan pegawai yang memiliki wawasan tinggi, salah satunya piawai berbahasa asing dan memiliki kompetensi komunikasi yang baik.
Tomas mendapat amanah tugas sebagai Koordinator Bagasi Sektor 2 Bandara , diharapkan Nya pengalaman jemaah haji dapat lebih nyaman dan aman, khususnya dalam hal pengelolaan bagasi selama perjalanan haji.

Dimana Tomas saat ini terjun langsung serta memastikan tim bagasi bekerja maksimal & teliti handal agar koper milik peserta haji agar aman.
Tak jarang komunikasi komunikasi alot dengan Tim Custom Arab saudi dia hadapi dan selesaikan terkait problem barang bawaan jemaah.

“Kita dari tim bagasi memastikan pengangkutan, jumlah hingga kondisi koper milik peserta haji dengan kondisi baik,” ujar Tomas Kordinator tim bagasi Sektor 2 Jamaah Haji.

Selain itu disela waktu menjalankan tugas utamanya sebagai koordinator tim bagasi, Tomas menyapa bertemu jamaah lainnya. Dengan ringan nya dia membantu jamaah jamaah lansia.
Sorot matanya yang tajam terbersit dari gerakan lincah dan gesit. Siap berkorban jiwa dan raga demi melindungi jemaah calon haji Indonesia.

Membantu jemaah yang kebingungan, mengamankan barang-barang yang tertinggal, mendorong jamaah berkursi roda.

“Saya ingin terjun langsung membantu negara bagaimana negara memberikan pelayanan kepada Masyarakat dalam hal sekarang yaitu Jamaah Haji Indonesia. Terutama dalam proses penyelenggaraan haji ini haruslah juga berbasis ham sesuai Permenkumham terkait P2HAM (Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia), apalagi kebanyakan peserta haji dari lanjut usia,” tambah Tomas.

Ajudan Dirjen HAM ini berharap dengan adanya pengalaman berharga ini dapat meningkatkan kompetensi nya, serta bisa manfaat untuk sesama, apalagi ini pengalaman perdana bagi Tomas.

“Ini suatu pengalaman istimewa bagi saya, karena dapat bertugas membantu jamaah haji. Apalagi, dalam tugas ini harus membangunkan rasa kemanusiaan dan kepedulian antar sesama,” tandasnya.

Komentar