Catat! Ini Dia 7 Obat yang Perlu Dibawa saat Mudik Lebaran, Perjalanan Dijamin Aman, dan Nyaman

Bengkuluone.co.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, seluruh masyarakat Indonesia melakukan perjalanan mudik. Fenomena ini membuat lalu lintas menjadi sangat macet dan stasiun, terminal, dan juga bandara menjadi sangat ramai.

Hal tersebut bisa menimbulkan kesehatan tubuh menjadi menurun. Ditambah jika selama perjalanan sangat sulit menemukan pusat kesehatan. Maka dari itu, disaat mudik lebaran sebaiknya menyiapkan beragam obat yang perlu dibawa saat mudik lebaran.

Dengan begitu, perjalanan mudik akan terasa menjadi lebih nyaman, aman, dan juga menyenangkan. berikut adalah beragam obat yang perlu dibawa saat mudik lebaran.

  1. Obat Demam.

Gejala yang sangat mendasar pada tubuh yaitu demam. Demam terjadi berkat adanya respon mikroorganisme yang masuk kedalam tubuh. Bukan tidak mungkin orang dewasa atau anak-anak akan mengalami demam saat mudik.

Oleh karena itu, dengan membawa obat penurun panas sangat berguna untuk dapat mengatasi terjadinya gejala demam disaat perjalanan mudik. Salah satu obat Pereda demam yang bisa dibawa seperti Paracetamol yang efektif untuk membantu menghilangkan rasa pusing atau nyeri sendi.

  1. Obat Flu.

Melakukan perjalanan jauh khususnya melalui jalur darat, akan menurunkan daya tahan tubuh karena kelelahan yang berakibat gampang terserang flu.

Hal tersebut juga bisa terjadi disaat sedang berada di tempat umum yang cukup ramai seperti, terminal, stasiun, atau bandara.

Maka dari itu, obat flu juga sangat penting untuk dibawa saat mudik lebaran. Namun yang harus diingatkan adalah obat flu biasanya dapat menyebabkan rasa kantuk. Jadi, baiknya untuk tidak mengonsumsi obat flu bagi yang akan menyetir.

  1. Obat Lambung.

Masalah lambung bisa saja muncul jika seseorang memiliki pola makan yang tidak teratur. Maka alangkah baiknya untuk beberapa hari sebelum melakukan perjalanan jauh untuk memperhatikan pola makan.

Namun jika seseorang sangat mudah terkena gejala sakit lambung, maka sebaknya untuk menyiapkan obat lambung baik dalam bentuk cair ataupun bentuk tablet. Jangan lupa untuk mengonsumsinya sebelum makan.

  1. Obat Mual.

Selain naik mobil, terjadinya mabuk perjalanan bisa saja muncul diberbagai alat transfortasi seperti pesawat, kereta, dan kapal laut. Maka, jika seseorang yang mudah sekali mabuk kendaraan, sangat diwajibkan untuk menyiapkan obat mual agar selama perjalanan menjadi lebih nyaman.

Akan lebih baik lagi jika menyiapkan dua jenis obat mual seperti obat mual untuk gejala pada lambung dan obat untuk mabuk perjalanan. Kedua obat tersebut akan sangat penting untuk disiapkan untuk melakukan perjalanan jauh.

  1. Obat Diare.

Saat menjalani perjalan mudik yang sangat jauh, terkadang membutuhkan tempat untuk mengisi perut saat lapar. Namun terkadang kita tidak menyadari bahwa makanan yang dimakan tidak higienis, yang kemudian mengalami diare.

Untuk berjaga-jaga dari hal tersebut, sebaiknya membawa obat diare dan memperbanyak minum air saat perjalanan mudik.

  1. Obat Alergi.

Jika memiliki riwayat alergi, maka jangan pernah lupa untuk membawa obat yang satu ini. Jika saat dalam perjalanan mengalami adanya pembengkakan, kemerahan di kulit dan muncul rasa gatal, maka siap obat alergi untuk mengatasi hal tersebut.

Dengan begitu, kegiatan mudik tidak akan terganggu dari riwayat alergi yang sering kali muncul.

  1. Obat Luka.

Selain obat-obat yang sudah dijelaskan sebelumnya, membawa obat luka seperti kota P3K yang terdapat obat merah, kapas, alkohol dan plester sangatlah dibutuhkan. Hal tersebut untuk jaga-jaga jika selama perjalanan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Harus diketahui, untuk bisa merasakan keamanan, kelancaran, kenyamanan dan keselamatan saat mudik lebaran, selalu ingat bahwa obat luka juga sangat penting untuk disediakan.

Komentar