oleh

Plt Gubernur sebut Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu Lebih Baik

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dalam siaran persnya bersama Bank Indonesia, BPS, Bulog dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara di Media Center Pemprov Bengkulu menyatakan, dari hasil evaluasi kinerja ekonomi Provinsi Bengkulu pada tahun 2017 lalu, yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama pihak terkait, telah mengambarkan perkembangan yang cukup baik.

Dimana pertumbuhan ekonomi Bengkulu di atas rata-rata nasional yang juga diikuti dengan laju inflasinya.

Sedangkan untuk angka kemiskinan, mengalami penurunan dan masuk dalam kelompok 10 besar Provinsi yang penurunannya sangat signifikan di tahun 2017, baik dari sisi persentase maupun angka absolutnya atau penurunannya diatas angka 20 ribuan jiwa.

“Perkembangan itu bisa menjadi parameter prospek pertumbuhan ekonomi yang sangat menjanjikan di tahun 2018 ini,” ujarnya, Rabu, (3/1/2017).

Selain itu diakuinya, dari perkembangan tersebut ada satu hal yang perlu mendapatkan perhatian serius, yakni Nilai Tukar Petani (NTP) dan perlu pembahasan sendiri oleh Biro Ekonomi Sekda Provinsi Bengkulu.

Sehingga NTP di Provinsi Bengkulu ini kedepan harus bisa berstandar, melalui koordinasi lintas sektoral dan melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan produksi dengan menggunakan bibit yang unggul, serta di tunjang sarana dan prasarananya.

“Kemudian juga perlu dilanjutkan dengan pendampingan pengolahan pasca panen dan industry hilirisasinya, agar petani nantinya tidak lagi menjual dalam bentuk bahan baku nantinya,” jelasnya.

Disamping itu dijelaskannya, persoalan lain yang perlu mendapatkan control bersama-sama yaitu, serapan anggaran daerah pada tahun lalu terendah dalam lima atau 10 tahun terakhir, dimana hanya 84,51 persen per 31 Desember 2017 lalu.

“Masalah tersebut diharapkan tidak terulang lagi di tahun ini, karena jika berjalan optimal, akan semakin menjanjikan pertumbuhan ekonomi Bengkulu. Apalagi untuk investasi dan neraca ekspor Bengkulu di tahun lalu juga cukup positif,” tutupnya.(red-3)

Komentar