oleh

Legislator : Pemerintah Harus Mendorong Tingkatkan Kualitas PKBM

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Layanan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) masih sangat diperlukan, karena masih banyak masyarakat yang belum beruntung untuk bersekolah lebih lanjut secara formal.

“Adanya PKBM bagi masyarakat karena terkendala biaya tidak melanjutkan lagi sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi. Lalu juga masyarakat dipedalaman yang belum ada atau sangat jauh dari lembaga pendidikan, bisa mengikuti PKBM,” ujar Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati, disela-sela kunjungannya ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Putri Ayu Kota Bengkulu, Sabtu, (10/3/2018).

Selain itu Dewi menyatakan, keberadaan PKBM di lingkungan masyarakat agar diberikan keleluasaan lagi, dan dorongan untuk peningkatan kualitasnya, agar lulusan yang dihasilkan nanti bisa jauh lebih baik lagi.
“Cara mencapainya, Pemerintah harus mendorong peningkatan kualitas dari PKBM itu sendiri,” katanya.

Lebih jauh jelaskan, pentingnya keberadaan PKBM ini, karena sekarang ini sekolah tidak hanya yang formal, tapi juga ada informal. Dimana saat ini ada “Home Schooling” atau belajar di rumah dengan mendatangkan guru.
“Untuk sekolah di rumah itu tidak diperbolehkan ujian. Sehingga satu-satunya tempat pelaksanaan ujiannya di PKBM,” terangnya.

Kendati demikian ditambahkan, kedepan dengan perhatian yang cukup dari Pemerintah dan diawasi pihaknya, lulusan PKBM tidak lagi dipandang sebelah mata.
“Pemerintah akan mengupayakan masyarakat yang belum beruntung bisa mengikuti sekolah formal. Tapi jika memang tidak beruntung, wadahnya bisa di PKBM,” tutupnya.(red-2)

Komentar